5 Strategi Dalam Menjalankan Investasi Portofolio Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

girl-in-car

Taralite – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa salah satu bentuk investasi pada pasar modal yaitu adanya kemudahan dalam membentuk investasi portofolio. Maksudnya adalah pemodal bisa dengan mudah melakukan diversifikasi investasinya dalam berbagai kesempatan investasi. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa strategi  dalam menjalankan investasi portofolio.

 Pertama adalah Dengan Menentukan Kebijakan Dalam Berinvestasi

Dalam tahap pertama untuk pertimbangan mengambil keputusan, investor juga harus menetapkan tujuannya dalam berinvestasi dan juga menentukan besarnya investasi yang akan ditanam . Hal ini karena adanya perbedaan antara risiko dan keuntungan  yang didapatkan, jadi investor tidak bisa mengatakan bahwa tujuan investasinya yakni mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya karena akan ada kerugian yang juga perlu dihadapinya. Oleh karena itu, tujuan investasi harus benar-benar ditentukan terlebih dahulu , baik dalam keuntungan ataupun risikonya

 Kedua adalah Perlu Adanya Analisis Sekuritas.

Dalam tahap ini perlu adanya analisis terhadap individual atau sekelompok sekuritas. Ada 2 pendapat dalam melakukan analisis sekuritas, yaitu antara lain

  • Pendapat pertama yaitu menyatakan bahwa sekuritas mispriced atau harga yang tidak tentu. Dengan analisis ini tentu bisa dideteksi berbagai sekuritas tersebut dan ada juga cara-cara untuk melakukan analisis ini. Cara tersebut ada dua, yakni analisis teknikal dan analisis fundamental . Analisis teknikal yaitu menggunakan data atau perubahan harga pada waktu yang sebelumnya sebagai cara untuk memperkirakan harga sekuritas di masa yang akan datang dengan memperhatikan nilai transaksi yang terjadi. Sedangkan analisis fundamental yaitu analisis yang didasarkan pada berbagai informasi yang dikeluarkan oleh emiten ataupun oleh administrator bursa efek.
  • Pendapat kedua yaitu menyatakan bahwa pasar modal sangatlah efisien. Dengan begitu , peralihan sekuritas tidak didasarkan dari besarnya risiko para pemodal bagi pemodal yang mau untuk menanggung risiko tinggi yang memilih sekuritas berisiko tinggi , pola kebutuhan kas, dan yang lain sebagainya. Maka , menurut pendapat kedua ini keuntungan yang didapatkan pemodal akan sesuai dengan risiko yang ditanggung.

 Ketiga adalah Perlu Adanya Pembentukan Portofolio

Strategi ini bersangkutan dengan identifikasi sekuritas mana saja yang akan anda pilih untuk membentuk portofolio dan berapa jumlah dana yang akan anda tanam pada tiap-tiap sekuritas tersebut.  Dengan adanya cara tersebut dengan kata lain pemodal melakukan diversifikasi , hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan risiko yang ditanggung. Pemilihan sekuritas tersebut akan dipengaruhi oleh pola kebutuhan kas ,  preferensi risiko , dan juga status pajak.

 Keempat adalah Melakukan Perubahan Terhadap Portofolio

Cara ini  adalah salah satu cara pengurangan terhadap beberapa cara sebelumnya dengan tujuan bila diperlukan akan ada perubahan terhadap portofolio yang sudah dimiliki. Apabila  portofolio yang dimiliki sekarang dirasakan kurang optimal atau tidak sesuai dengan besarnya risiko pemodal, maka pemodal bisa melakukan perubahan terhadap berbagai sekuritas yang membentuk portofolio tersebut.

 Kelima adalah  penilaian Terhadap Kinerja Portofolio

Dalam langkah ini pemodal mengadakan penilaian dan juga evaluasi terhadap kinerja portofolionya, baik dalam aspek  keuntungan yang didapatkan ataupun risiko yang akan ditanggung. Sangat salah bila suatu portofolio yang memberikan keuntungan yang lebih tinggi harus lebih baik daripada portofolio yang lain karena adanya faktor risiko yang harus dimasukkan juga. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi investasi langsung dan portofolio :

  • Tingkat pengembalian yang diinginkan, Kemampuan suatu perusahaan sangat menentukan bagaimana tingkat investasi yang diingkan, hal ini tergantung dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Kondisi internal yaitu berbagai faktor yang berada di bawah kuasa perusahaan, contohnya kualitas SDM , tingkat efisiensi, serta teknologi yang digunakan. Ketiga aspek tersebut berhubungan baik dengan tingkat pengembalian yang diinginkan. Jadi , semakin tinggi tingkat efisiensi ,  kualitas SDM serta teknologi yang digunakan  maka semakin tinggi juga tingkat pengembalian yang diinginkan.

Kondisi eksternal yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan terhadap investasi yaitu  perkiraan mengenai tingkat produksi dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri ataupun internasional serta tingkat inflasi yang terjadi. Apabila perkiraan mengenai masa depan ekonomi dalam negeri ataupun internasional sama baiknya , maka tingkat investasi pun akan meningkat karena tingkat pengembalian investasi bisa dinaikkan. Selain perkiraan kondisi ekonomi, kebijakan yang dilakukan pemerintah juga bisa menentukan tingkat investasi. Kebijakan menaikkan pajak, contohnya diperkirakan akan menurunkan tingkat permintaan . Maka akan berakibat tingkat investasi akan menurun. Faktor sosial politik juga menentukan jalannya investasi, karena bila sosial politik konsisten maka biasanya juga akan meningkat dan juga faktor keamanan atau kondisi keamanan negara.

  • Prediksi tentang kondisi di masa yang akan datang , prediksi yang mengatakan bahwa keadaan perekonomian akan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang .  Diprediksi bahwa semua harga akan tetap stabil dan pertumbuhan ekonomi ataupun pertambahan penghasilan masyarakat akan berkembang dengan lebih cepat, dan hal tersebut adalah keadaan yang akan mendorong pertumbuhan investasi.

Apabila terjadi inflasi maka akan menurunkan investasi portofolio yang akan diinvestasikan oleh para investor, maka kondisi tersebut akan mempengaruhi penurunan harga sekuritas di pasar modal dan akan menyebabkan investor lebih berminat menanamkan uangnya dalam bentuk investasi yang lainnya , contohnya dengan menyimpan uangnya di bank atau tabungan dibandingkan menginvestasikannya dalam bentuk saham, obligasi ataupun sekuritas yang lain . Hal tersebut juga akan mendorong mereka untuk melepas sekuritas yang mereka miliki, sehingga sekuritas yang dilepas akan menambah jumlah yang ditawarkan di pasar modal dan akan menekan harga. Oleh karena itu , semakin baik keadaan di masa yang akan datang maka semakin besar tingkat keuntungan yang akan didapatkan oleh para pengusaha. Oleh karena itu mereka akan lebih terdorong untuk melaksanakan investasi yang sudah atau sedang direncanakan.

  • Tingkat bunga yang ada , tingkat bunga menentukan berbagai jenis investasi yang akan memberi keuntungan kepada para pengusaha dan bisa dengan mudah dijalankan. Para pengusaha hanya akan menanamkan modal jika tingkat pengembalian modal dari penanaman modalnya itu, yakni persentase keuntungan neto modal yang didapatkan lebih besar dari tingkat bunga.
  • Tingkat biaya investasi , yang paling menentukan tingkat biaya investasi yaitu tingkat bunga pinjaman karena semakin tinggi tingkat bunganya maka biaya investasi akan semakin mahal. Oleh karena itu minat untuk berinvestasi akan semakin menurun. Faktor lembaga juga menentukan biaya investasi karena prosedur izin yang rumit dan lama, hal ini menyebabkan biaya ekonomi dengan memperhitungkan nilai uang dari investasi akan semakin mahal. Sama halnya dengan keberadaan dan efisiensi lembaga keuangan, stabilitas politik, tingkat kepastian hukum, dan keadaan keamanan. Berbicara tentang pinjaman, anda dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan suku bunga rendah untuk memenuhi kebutuhan financial anda di taralite.com
  • Tingkat pendapatan dalam negeri serta berbagai perubahannya , hubungan antara pendapatan dalam negeri dan investasi menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat erat di antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan dalam negeri . Investasi akan meningkat jika pendapatan dalam negeril semakin meningkat dan begitu juga sebaliknya.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel 5 Strategi Dalam Menjalankan Investasi Portofolio Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Ini ?..

Suka Suka

Tidak Suka

Membosankan

This post was written by...

– has written 100 posts on Ari Warna.

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Contact the author

Silence is gold, but talk about a good thing is a pearl.
lets say something about the article in a comment below, or just to saying hello

Leave a Reply