5 Tips Berbelanja Hemat

TIPS BERBELANJA HEMAT

Tips Berbelanja Hemat : belanja adalah sebuah aktifitas rutin sebagian penduduk dunia, khususnya bagi para ibu ibu rumah tangga, kegiatan berbelanja hampir setiap hari mereka lakukan. namun pada jika kita berpedoman kepada KBBI arti dari belanja be-lan-ja adalah uang yang dikeluarkan untuk suatu keperluan. dari sini bisa kita simpulkan bahwa kegiatan belanja dalam keseharian biasa dilakukan oleh semua orang mulai dari anak-anak sekolah yang membeli jajanan dengan uang sakunya sampai orang-orang dewasa yang membeli kebutuhan hidup sehari-hari.

dalam berbelanja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aktivitas belanja ini tidak terlalu memberatkan buget dari saku kita sendiri.
berikut lima tip belanja hemat yang mungkin bisa anda terapkan ketika Anda berbelanja.

1. Perencanaan

rencanakan apa yang harus anda beli sebelum anda pergi ke pasar, mall, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lain, dan jika perlu anda bisa membuat catatan kecil dari daftar belanja anda agar anda tidak kelupaan ketika sudah berada di tempat perberlanjaan. dalam merencanakan barang-barang yang ingin anda beli pastikan barang-barang tersebut akan terpakai atau akan anda gunakan untuk itu ada baiknya anda bisa minta perimbangan anggota keluarga yang lain dalam membuat perencanaan atau daftar belanja tersebut.

2. Sesuaikan dengan daftar belanja

jangan sungkan untuk selalu melihat catatan daftar belanja anda sebelum anda memutuskan untuk membeli barang tersebut. sesuaikan iten dan quantitas barang yang anda beli dengan kebutuhan anda yang sudah anda rangkum dalam daftar belanja.

3. Jangan membawa uang yang berlebihan ketika berbelanja.

ketika anda sudah membuat daftar belanja tentuka anda sudah dapat mengira-ngira berapa uang yang harus anda keluarkan nantinya dalam kegiatan berbelanja tersebut. maka ketika anda pergi ketempat perbelanjaan biasakan jangan membawa uang terlalu banyak melampaui perkiraan anda dari dana yang harus anda bayar  untuk barang perbelanjaan anda dalam daftar belanja.
hal ini akan mencegah anda untuk membeli hal-hal tidak penting yang terlihat sepele namun akhirnya akan membuat pengeluaran anda membengkak karena berbelanja.

4. Jangan Tergoda adanya SALE

jika anda berbelanja di supermarket, mall atau bahkan mini market pasti sering anda jumpai label-label Sale, Discount, Obral atau sebagainya pada item-item tertentu. untuk menjaga pengeluaran Anda jangan mudah tergoda untuk membeli item-item tersebut karena belum tentu barang-barang tersebut menjadi sesuatu yang penting dalam keseharian Anda saat itu.

5. Berbelanjalah Di pasar Tradisional

bagi anda yang berani dan pandai untuk menawar anda lebih baik berbelanja ke pasar tradisional dari pada ke mall ataupun supermarket. karena tidak seperti di mall atau supermarket dimana setiap barang sudah di beri label harga yang artinya pembeli tidak bisa lagi untuk menawar, sedangkan disebuah pasar anda bisa menawar barang-barang yang ingin anda beli dibawah harga yang dikatakan oleh penjual.
tidak hanya itu untuk jenis barang-barang tertentu anda bisa mendapatkan barang-barang yang masih segar dan tanpa pengawet di bandingkan anda harus membelinya di supermarket atau mall.

contohnya saja sayur-sayuran atau yang lain karena di pajang pada tempat terbuka tanpa pendingin kebanyakan sayur sayuran yang di jual adalah sayuran yang masih segar, jika ada sayuran sudah beberapa hari tidak laku tentunya sayuran akan terlihat layu dan rusak sehingga penjual tidak lagi memajang sayur tersebut untuk diperjual belikan, jikalupun di pajang tentunya anda bisa dengan mudah melihat kerusakan dan sudah barang tentu tidak memilihnya.

nah bagaimana sohib, semoga artikel 5 Tips Berbelanja Hemat ini bisa bermanfaat untuk anda khusunya yang setiap hari harus berbelanja kebutuhan sehari-hari.
selamat beraktifitas dan jangan lupa selalu beri senyum terindah untuk orang-orang disekelilingmu.


Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel 5 Tips Berbelanja Hemat Ini ?..

Suka Suka

Tidak Suka

Membosankan

This post was written by...

– has written 104 posts on Ari Warna.

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom

[programer juga manusia]

Contact the author

Silence is gold, but talk about a good thing is a pearl.
lets say something about the article in a comment below, or just to saying hello

Leave a Reply