Oktober 22, 2018

Antara Kentang telur dan serbuk kopi

Sekali waktu ada seorang anak gadis mengeluh kepada ayahnya tentang hidupnya yag penuh dengan masalah dan merasa sangat terpuruk. Dia merasa telah lelah berjuan sepanjang waktu, namun masalah terus saja datang bergantian, belum selsai masalah satu datang lagi masalah berikutnya secara beruntun.

Ayahnya adalah seorang koki, mendengar keluhan dari anak gadisnya itu ayah mengajah anaknya ke dapur. kemudian ayah mengisi 3 panci dengan air dan ketiganya di atas tungku kompor yang sedang menyala, kemudan ayah mengambil satu biji kentang, satu biji telur, dan beberapa sendok serbuk kopi dan memasuk kan ketiga benda tersebut masing-masing kedalam 3 panci yang berbeda.

selama beberapa saat tidak sepatahkata pun keluar dari mulut mereka berdua, keduanya berdiam sambil menunggu air dalam ketiga panci trsebut mendidih.
6884caa00e905950df079c5ad6e7a758setelah kira-kira 30 menit kemudian sang ayah mengangkat ketiga panci dari atas kompor, dan mengeluarkan kentang, telur dan beberapa mengambil air dari dalam panci yang tadi di isi dengan sebuk kopi kedalam sebuah cangkir. setelah itu sang ayah bertanya pada putrinya “Apa yang kau lihat sekarang anak ku?..”

dengan perasaan yang masih bingung dengan apa yang di lakukan ayahnya, anak itu langsung menjawab, “Kenyang, telur, dan seduhan kopi”

“lihat lebih dekat dan sentuh kentang itu, kupas telurnya, dan lihat serta cium aroma kopi dalam cangkir itu” perintah ayah kepada putrinya.
lalu anak gadis itupun menuruti perintah ayahnya, dia pertama dia menyentuh kentang dan berkata “kentang ini lembut dan lunak”, setelah itu sigadis itupun mengupas telur yang baru di rebus ayahnya,setelah semua terkelupas di letakkan telur itu di atas sebuah piring, kemudian ia mengambil cangkir yang berisi kopi sejenak memperhatikan kemudian mencium aroma kopi yang harum..
“Apa maksud semua ini ayah?…” tanya si gadis dengan penuh rasa penasaran.

sang ayah kemudian menjelaskan bahwa kentang, telur dan serbuk kopi masing-masing menghadapi kondisi dalam air mendidih yang sama.

Namun, masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda.

Kentang yang sebelumnya keras keras, namun setelah masuk dalam air mendidih, menjadi lunak dan lemah.

Telur yang rapuh, dengan kulit luar yang tipis melindungi interior cair namun ketika itu dimasukkan ke dalam air mendidih. maka bagian dalam dari terul akan menjadi padan dan tidak cair lagi.

Namun, biji kopi begitu unik. Setelah serbuknya terkena air mendidih, mereka telah mengubah warna bahkan nama air dan menciptakan sesuatu hal yang baru.

“Bagaimana dengan kamu anak ku?..,” ayah bertanya pada putrinya. “Ketika kesulitan datang menghampirimu, bagaimana kamu menanggapinya? Apakah kamu akan seperti kentang, telur, atau biji kopi? ”

Benang merah : dalam kehidupan akan ada banyak hal yang ada di sekeliling kita, dimana suatu saat mungkin akan terjadi dan menimpa kehidupan kita, namun hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membentuk apa yang ada di dalam diri kita sendiri untuk lebih berkualitas, sehingga menjadikan semuanya lebih baik.

salam hangat dari penulis blog.

Kamu yang mana?

About The Author

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *