Juli 16, 2018

Cara sederhana menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan dengan cara yang simple

dokter-cantikkesehatan merupakan salah satu hal pokok dalam hidup manusia. bagaimanapun keadaaan hidup kita dari dilihat dari segi sosial ekonomi tanpa kesehatan yang terjamin rasanya semua akan sia-sia.
karena hal tersebut menjaga kesehatan amatlah perlu kita lakukan, karena menjaga memang lebih baik dari pada mengobati. Untuk menjaga kesehatan agar tetap prima dan tubuh tidak mudah terjangkit suatu penyakit dapat kita lakukan dengan membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat.
sedangkan gaya hidup sehat itu sendiri mencakup beberapa faktor seperti lingkungan, perilaku kita sehari-hari dan juga faktor makanan yang kita makan.

berikut Aw akan tuliskan beberapa tips untuk menjaga kesehatan dari segi jenis makanan dan kebiasaan makan. beberapa jenis makanan ternyata memiliki pengaruh yang amat dominan dalam kesehatan tubuh manusia, silahkan di simak tips-tips menjaga kesehatan berikut ini.

1. Utamakan makan dari makanan yang mengandung unsur tepung.

jenis makanan yang mengandung tepung bisa kita dapat kanan dari nasi, kentang, gandum, jagung, dan juga makanan yang sudah di olah seperti halnya roti.
jenis-jenis makanan tersebut kebanyakan mengandung unsur vitamin dan mineral yang cukup sehingga mampu mensuplay kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh kita, selain itu makanan yang mengandung unsur tepung biasanya memiliki lemat dan kalori yang seimbang.

2. Konsumsi buah dan saruran yang cukup

karena setiap buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda maka sebaiknya makanlah buah-buahan yang beragam. memilih buah-buahan yang segar atau dengan membuat sendiri jus buah adalah cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.
selain itu sayur-sayuran juga sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh kita.

3. Kosumsi Ikan

untuk menjaga kesehatan tubuh usahakan anda mengkonsumsi ikan paling tidak 2 kali dalam satu minggu. bisa ikan dari air tawar ataupun air laut dan salah satunya pilihlah jenis ikan yang memiliki kandungan minyak.
ikan yang mengandung unsur minyak adalah salah satu sumber makanan alami dengan kandungan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Ikan berminyak contohnya seperti salmon, tuna segar, atau juga bisa didapat dari ikan yang sudah di kemas seperti sarden, mackerel dan trout.

4. Kurangi makanan dengan kandungan lemak jenuh dan Gula

walaupun lemak di perlukan dalam tubuh namun jika kandungan lemak terlalu banyak ada dalam tubuh kita hasilnya juga tidak baik, lemak dalam tubuh di perlukan untuk melakukan penyerapan dan pelarutan vitamin seperti vitamin A, D, E dan K. kelebihan lemak akan menyebabkan berlebihnya berat badan, berat badan yang di proposional dapat juga menjadi faktor tubuh kita akan mudah terjangkit suatu penyakit.
sama halnya dengan gula, Terlalu banyak gula, terutama di antara waktu makan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan akan menambah kalori ekstra.
kurangi jenis makanan seperti mentega, krim dalam kue, dan keju yang memiliki kadar lemak jenuh cukup tinggi yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dengan.
makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berminyak dan buah alpukat lebih baik karena memiliki kandungan yang berimbang untuk memenuhu unsur gula dan lemak dalam tubuh kita.

5. Konsumsi garam secukupnya.

orang dewasa harus makan tidak lebih dari 6 gram per hari dan anak-anak tentunya lebih sedikit lagi dari porsi orang dewasa tersebut.
Asupan garam yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi yang menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk  terkena stroke atau penyakit jantung. Sebagian besar asupan garam kita berasal dari makanan olahan daripada garam yang ditambahkan selama memasak, jadi selalu periksa label makanan untuk konten garam ketika anda membeli makanan kemasan sebelum anda mengkonsumsinya.

6. Jangan sampai merasa Haus terlalu lama.

menahan rasa haus terlalu lama sangat tidak baik untuk tubuh. karena semua proses yang terjadi dalam tubuhkita sangat memerlukan unsur air. walaupun kandungan air bisa id dapat dari beberapa jenis minuman Namun air mineral atau air putih adalah pilihan terbaik ntuk memenuhi unsur air dalam tubuh kita. usahakan anda mengkonsumsi 8- 10 gelas air perhari.

7. Jangan meninggalkan sarapan

karena kesibukan atau alasan-alasan tertentu banyak orang melupakan sarapan. sarapan sendiri adalah kegiatan makan yang di lakukan saat pagi hari dengan hitungan waktu antara pukul 04.00 hingga pukul 09.00.
Sarapan yang sehat dapat memenuhi serat, kalori, vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Pilih makanan seperti sereal gandum, bubur atau roti gandum dengan buah untuk memulai aktivitas anda.

di atas adalah 7 cara menjaga kesehatan dari segi makanan yang harus kita makan, masih banyak hal-hal lain yang memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh yang harus kita perhatikan selain hal-hal yang sudah di jabarkan di atas.
mengajarkan sejak dini kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan adalah hal yang harus kita lakukan agar menjadi kebiasaan bagi mereka hingga kelak mereka dewasa.
demikian artikel kali ini dan semoga saja bergua untuk para pembaca sekalian,
selalu semangat beraktivitas dan selalu berikan senyum terindah untuk orang-orang di sekitar anda dan satu lagi jangan lupa untuk bahagia.
salam Aw.

About The Author

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *