Oktober 22, 2018

Detik-detik mengharukan ketika dipecat Oleh Google

cerita sedih ketika tak lagi menjadi pengiklan youtube
allo ges…. sebenernya pas nulis sampah ini bukane lagi nganggur ato lagi ngk ada tanggung jawab. cuman lagi bete tingkat KPU saja lantaran kebijaksanaan baru dari salah satu platform produknya Google yaitu siapa lagi kalau bukan MbakTube YouTube dimana untuk menjadi partner pengiklan diharuskan setiap chanel yang dimiliki oleh user minimal harus sudah memiliki 1000 subcriber dan 4000 jam waktu menonton dari video yang sudah di upload oleh user tersebut.
Alhasil daku seorang yang nota bene hanya orang biasa yang tidak punya emas intan permata (pinjem lirik lagu dangdut dikit ) sebagai seorang yang punya chanel di youtube dengan minim subcriber dan jam tanyang sudah barang tentu kena imbas yang begitu mengkoyak jiwa dari kebijakan baru tersebut.

pernah bersemangat untuk menjadi Youtuber mengupload secara regular video-video ngk penting juga sebernernya berharap meraup satu dua perak dari iklan yang muncul akhirnya sirna sudah di telan ombak dan bandai.
alasan pihak youtube memberlakukan kebijakan baru ini adalah untuk meningkatkan pelayanan mereka katanya  namun sudah barang tentu akan membunuh ribuan newby yang baru berkecimpung di dunia peryoutuban seperti saya ini tentunya.
secara usia akun sebernya mungkin saya bukan newby lagi karena akun youtube saya tercatat dalam prasasti  databasenya youtube sejak 2006 atau 12 tahun yang silam. namun saya sebagai seorang Entrepreneur didunia nyata baru saja sedikit aktif membangun chanel di youtube. awala-awal membuka chaanel di youtube memang saya langsung mengupload beberapa video namun setelah itu baru upload lagi sekitar tahun 2014 kemarin dan setelah itu vacum lagi untuk jangka waktu yang lumayan lama sampai akhir tahun ini saja mencoba untuk aktif mengupload video kedalam chanel youtube yang saya miliki.
so… wajar jika saya tidak memiliki cukup subcriber dan jang tayang video untuk bisa menjadi adsense partner dari youtube.
dan saya juga tidak begitu punya dagangan menarik yang bisa saya jadikan video untuk saya pajang di etalase chanel akun youtube yang saya miliki.

sebelumnya saya tidak punya firasat apa-apa bahwa saya akan dipejat menjadi pengiklan di dunia youtube, awalnya ketika saya mencoba menonton video hasil unggahan yang lalu dan tidak melihat adanya iklan saya hanya berfikir mungkin koneksi internet atau pengaturan gaged yang saya pakai saja yang bermasalah, sampai akhirnya saya sadar bahwa saya sudah dipecat ketika tidak sengaja menemukan surat pemberhentian saya sebagai penayang iklan di youtube dalam email di google email yang terkait dengan akun youtube tersebut.

kaget, sedih, marah, terharu dan akhirnya saya merasa lapar membaca email tersebut,dan saat itu juga semangat yang sebelumnya berkobar membakar jiwa dan raga untuk menjadi youtuber menjadi padam tersiram air mata duka.
hari berganti minggu, minggu berganti bulan dan akhirnya saya sadar tanpa menjadi pengiklan youtube pun saya masih bisa untuk membayar tagihan listrik, tagihan internet, memberi uang saku anak, membayar uang sekolah anak, membeli udud tiap hari dan masih tetep bisa menutup segala biaya-biaya kebutuhan hidup yang lain.
well…. cari duit ternayta bukan hanya dari youtube saja.percaya saja sob Tuhan itu tak akan membiarkan hambanya sengsara, tersiksa, dan menanggung derita. klo  akamu-kamu masih merasa sengsara, tersiksa, dan menderita sebenernya itu hanya perasaanmu saja, atau barangkali saja kamu bukan termasuk hamba dari Tuhan heheheheh.. 😀 LOL.

nah mulai sekarang akhirnya aku sudah ngk begitu galau lagi hanya karena di pecat oleh youtube sebagai penayang iklan, dan perlu diketahui bahwa saya juga sudah mulai activ lagi mengupload video-video kedalam chanel yang yang saya punya walaupun ngk terjadwal secara rutin. menikmati saja apa yang disediakan oleh internet atau youtube khususnya sekedar untuk menghibu dan memanfaatkan untuk sebuah kebaikan, jikalau nanti pada suatu waktu chanel saya kembali memenuhi syarat untuk menjadi penayang iklan ya syukurin saja, dan semoga berkhah.
BTW untuk jangka pendek saya hanya memanfaatkannya sebatas untuk hiburan semata dan apa bila ada kesamaan cerita, nama atau tempat kejadian mungkin itu hanya sebuah kebetulan yang tidak disengaja (nglantur) 

saya upload dan membuat tulisan ini juga mempunyai harapan kepada para yoyutuber yang bernasib seperti saya dimana sekarang tidak bisa menjadi penayang iklan untuk tetap berjiwa kesatria dengan mengakui bahwa kita-kita ini mungkin di dunia peryoutuban memang belum layak untuk menjadi sales dari sebuah produsen yang mencoba memasarkan produk-produk mereka melaui iklan-iklan di youtube.
jadijika anda memang berkeinginan menjadi karyawan bagian pemasaran di platform youtube silahkan bangun pribadi anda dan tuangkan dalam chanel youtube anda melalui unggahan-unggahan video yang bermutu, menarik dan bermanfaat bagi banyak orang, sehingga akan banyakpenduduk youtube yang dengan sepenuh hati akan mensubcribe dan menonton video-video milik anda, dimana secara otomatis anda akan diterima sebagai karyawan Google/YouTube devisi pemasaran.. hehehehe..

ok ges.. semoga anda juga termotivasi dari tulisan yang mungkin seperti sampak dari koran bekas bungkus gorengan ini.. 😀
Selamat berjuang Youtuber Newby, keep smart,peace, and lovelly.

 

salam

About The Author

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *