November 18, 2018

Helvy Tiana Rosa

Helvy Tiana Rosa lahir di Medan pada tanggal 2 April 1970, menempuh pendidikan S1 dan S2 di Fakultas Budaya, UI. sementara untuk S3-nya beliau menekuni bidang pendidikan bahasa yang di tempuhnya di universitas negeri Jakarta.
puisi Helvy tiana Rosa
Beliau adalah Dosen tetap Fakultas bahasa dan seni di fakultas UNJ. Beliau telah menulis 50 buku antara lain “bukavu” pada tahun 2008, “Tanah Perempuan” pada tahun 2009, serta “Ketika mas Gagah pergi dan “Kembali” yang di tulis pada tahun 2011.
karya-karya beliau di terjemahkan dalam bahasa Inggris, Perancis, Arab, Jerman, Jepang dan lain-lain.
Beliau sering di undang sebagai pembicara serta untuk membacakan karya-karyanya dalam seminar dan acara-acara tertentu di dalam dan luar negeri seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, Hongkong, Jepang, Mesir, hingga sampai Amerika.
 Helvy Tiana Rosa sering terlibat dalam membidani kelahiran para penulis-penulis muda di seluruh pelosok Indonesia dan manca Negara melalui Forum “Lingkar Pena”  atau yang di singkat FLP, yang didirikannya pada tahun 1997. Koran tempo memberikan julukan kepada beliau Lokomotif penulis muda indonesia julukan itu lahir pada tahun 2003. sedang kan “The Straits Times” menyebutnya “Pionir” bagi sastra Islam Kontenporer di indanesia.

Sutradara tetaer “bening” tahun 1990-2007, teater yang seluruh dari anggotanya adalah perempuan in telah memperoleh lebih dari 30 pengghargaan tingkat nasional di bidang penulisan dan pemberdayaan Masyarakat. Penghargaan tersebut di antaranya di peroleh dari cerpennya yang vertajuk “Jaring-Jaring merah” terpilih menjadi cerpen terbaik sepanjang dekade tahun 1990 sampai tahun 2000 oleh majalah sastra “Horison”, Bukavu masuk 10 besar katulistiwa literary Award tahun 2008, mendapatkan Nova Award dan Ummi Award tahun 2004, Tokok perbukuan IBF-IKAPI tahun 2006 dan lain-lain.

menurut hasil riset yang dilakukan oleh “Royal Islamic Studies Center” dari jordan pada tahun 2009, 2010, 2011. Helvy Tiana Rosa adalah 1 dari 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

About The Author

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *