Konspirasi tentang QWERTY

Konspirasi tentang QWERTY.
QWERTY adalah susunan huruf acak dalam rangkaian keyboard ataupun kebanyakan keypad smartphone yang kita kenal saat ini, namun pernahkah anda bertanya kenapa susunan huruf-huruf tersebut di buat acak. ada beberapa artikel yang menjelaskan tentang sejarah dari susunan qwerty yang di gunakan dalam rangkaian keyboard dimana dari artikel-artikel yang pernah saya baca ada beberapa kesamaan alasan tentang sejarang kenapa harus qwerty ini.
perlu di ketahui bahwa susunan huruf qwerty dalam keyboard yang kita gunakan sekarang ini merupakan susunan huruf yang sudah menjadi standar internasional.

sebelum dilanjutkan saya akan kutif sebuah paragraf yang saya ambil dari http://penemu-ilmuwan.blogspot.com/2013/09/sejarah-keyboard-qwerty.html

Asal mula atau sejarah keyboard QWERTY berasal dari sebuah mesin ketik yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Prototip dari mesin ketik sebenarnya justru bisa membuat kita bisa mengetik lebih cepat. Namun karena saking cepatnya, justru malah menimbulkan masalah pada saat itu. Masalahnya adalah batang-batang huruf atau slug yang menghentak pita bisa mengalami kegagalan mekanik ketik ditekan. Hal tersebut diakibatkan oleh batang-batang huruf itu yang saling terkait satu sama lainnya.

dari kondisi diatas maka akhirnya sipenemu yaitu Christopher Latham Sholes berfikir bagaimana caranya agar kegagalan mekanik tersebut tidak terjadi ketika mesin digunakan, dan salah satu cara untuk mengatasi permasalah tersebut adalah bagaimana nantinya si pengguna akan sedikit mengalami kesulitan ketika mencari huruf-huruf yang ikin di ketik sehingga kegiatan mengetik akan memiliki interval yang sedikit cukup lama antara satu hurup dan huruf yang lain dalam penulisan sebuah kata.

namun jika mengacu dengan sebuah kebiasaan dimana sebuah aktifitas yang telah dilakukan secara berulang-ulang akan membuat seseorang terbiasa dengan sebuah kesulitan sehingga seiring waktu kesulitan tersebut tidak lagi menjadi sebuah halangan bagi seseorang untuk menyelesaikan sebuah kegiatan dalam waktu yang cepat.
maka alasan kenapa keyboard di buat dengan susunan acak dimana susunan huruf acak tersebut sudah dipatenkan dan menjadi standart internasional adalah agar sipengguna bisa sedikit lebih lambat dalam mengetik sehingga tidak akan menimbulkan kesalahan teknis pada mesin adalah tidak benar.

nah sekarang saya kutip paragrap dari artikel yang di muat di “http://techno.okezone.com/read/2015/04/19/57/1136702/sejarah-susunan-tombol-keyboard-qwerty”

Ketimbang menempatkan huruf demi huruf dalam susunan alfabetis, Sholes membuat format QWERTY. Konon, layout QWERTY dibuat untuk memperlambat pengetikan, karena bila susunannnya bukan QWERTY, melainkan berdasarkan alfabetis, maka pengetikan dianggap akan menjadi terlalu cepat.

Untuk itulah dibuat susunan tombol QWERTY untuk memperlambat pengetikan. Namun, kabar tersebut diklaim tidak benar, karena susunan QWERTY justru mempercepat jari saat mengetik dan menghindari terjadinya gangguan ‘paper jams’.

berdasarkan pengalaman pribadi saya selama berinteraksi dengan keyboard kutipan di atas lebih saya anggap benar, saya sendiri belum familier dengan mesin ketik maka saya abaikan tentang “Paper Jams san bagaimana kerja tuas mesin ketik dari setiap huruf” saya ambil contoh sederhana.
kita akan menulis sebuah kata menggunakan keyboard QWERTY, kata yang akan kita tulis adalah selamat…
maka huruf pertama yang akan kita ketik adalaha “s” dimana huruf “S” akan kita encet menggunakan jari manis dari tangan kiri kita kemudian huruf kedua yang kita pencet adalah huruf “e” dimana posisinya diatas huruf ‘S’ arah jarum jam 13, karena jarak kedua huruf relatif dekat masa dalam memencet huruf kedua bisa kita lakukan masih dengan satu tangan yang sama yaitu tangan kiri bisa menggunakan jari tengah, manis atau yang lain.demikian seterusnya.

bayangkan jika susunan huruf dalam sebuah keyboard dibuat berurutan berdasarkan alafabet maka dari ocntoh di atas untuk menulis dua huruf awal mungkin kita akan menggunakan dua tangan kita karena jarak antara huruf S dan E terlalu jauh.

faktanya kata-kata dalam bahasa inggris ataupun bahasa indonesia dan bahasa yang lain tidak mungkin memiliki susunan huruf alfabetis ABC dan seterusnya secara berurutan jika ditulis menggunakan huruf abjad, setiap kata memiliki susunan huruf acak perbaduan antara konsonan dan vocal sehingga membentuk sebuah kalimat yang bisa di baca dan membentuk sebuah kata benda, tempat, atau kata kerja yang mengandung arti.

dari fakta diatas mungkin si pencipta QWERTY memiliki sebuah formula dimana susunan acak tersebut merupakan sebuah formasi huruf dari sebuah skema yang memungkinkan jari akan lebih mudah memencet sebuah tombol untuk menuliskan kata-kata yang dimaksud tanpa harus melakukan pergerakan yang cukup berarti untuk dapat memncet huruf yang diinginkan.

bagaimana menurut Kalian?….
Konspirasi tentang QWERTY : sedikit cuitan admin terima kasih sudah membaca artikel Konspirasi tentang QWERTY semoga bermanfaat.

mengambil dari beberapa reverensi artikel link sudah tercantum di atas


Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Konspirasi tentang QWERTY Ini ?..

Suka Suka

Tidak Suka
1
Membosankan

This post was written by...

– has written 103 posts on Ari Warna.

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Contact the author

Silence is gold, but talk about a good thing is a pearl.
lets say something about the article in a comment below, or just to saying hello

Leave a Reply