Menerapkan Veni Vidi Vici dalam kehidupan

Pretty Caucasian business woman at office desk with colleagues in the back
Pretty Caucasian business woman at office desk with colleagues in the back

Veni, vidi, vici adalah kalimat Bahasa Latin yang terkenal, berasal dari Julius Caesar, jenderal dan konsul Romawi pada tahun 47 SM. Julius Caesar menggunakan kalimat ini dalam pesannya kepada senat Romawi menggambarkan kemenangannya atas Pharnaces II dari Pontus dalam pertempuran Zela. Kalimat yang berarti Saya datang, saya melihat, saya menang & telah menaklukkan mengandung arti kemenangan mudah dan mutlak.

Kurang lebih seperti itu penggalan dari situs wikipedia dalam lamannya yang bertajuk Veni, Vidi, Vici, dimana di situ telah di jelaskan asal-usul dan makna dari 3 suku kata yang sering kita dengar, lihat, dan baca. seingat saya ketika saya baru bersekolah di tingkat dasar kata ini sudah kita temui dalam salah satu dari buku pelajaran dalam mata pelajaran kala itu. dengan gamblang wikipedia telah mengurai setiap huruf dari ketiga kata tersebut. Nah yang menjadi pertanyaan adalah apakah setiap pribadi mampu seperti itu?….
jika saya yang menjawab maka saya akan menjawab “iya Bisa.”
saya menjawab demikian bukan berarti tanpa alsan dan pemikiran, ada beberapa alasan, peristiwa dan hal yang bisa saya kaitkan dengan kondisi Veni, Vidi, Vici sehingga saya berkesimpulan bahwa semua orang bisa dan mampu untuk demikian.
Bagaimana kalau kita buat mudah, mari kita ambil makna terakhir dari 3 kata tersebut yaitu kata “Vici” yang artinya “saya menang” atau kemenangan. menurut saya adakalanya sebuah kemenangan memang bisa di dapat tidak harus dengan berperang, bahkan kemenangan bisa di dapat tanpa mengalahkan pihak/individu lain selain kita. bahkan ketika kita ada dalam posisi di bawah dari pihak lain dari sudut yang berbeda kita bisa mengatakan posisi kita tersebut adalah sebuah kemenangan.

mari kita mulai berfikhir sederhana untuk arti dari sebuah kata kemenangan. kita sering tidak sadar bahwa dalam sebuah peristiwa sebenarnya ada banyak kemenangan yang telah kita dapatkan, dan lebih parah lagi kita masih merasa bahwa kita adalah bagian yang tertindas dan ujung-ujungnya akan mengeluh. ketika dilain pihak sekara kasad mata mempunyai sesuatu yang lebih dari kita. mulai sekarang setelah melihat mari sejenak kita berfikir dan tangguhkan dulu untuk mengeluh. mari kita berfikhir tentang mereka yang kita lihat mempunyai sesuatu yang lebih dari kita. berfikhir bagaimana mereka mereka bisa, dari mana mereka melaui, dan dengan siapa mereka bersama. untuk bisa segera sampai tentunya kita harus berjalan lebih cepat, untuk berjalan cepat tentunya kita harus memilih jalan pintas namun tetap landai dan tidak bergelombang, untuk melewati jalan pintas tentu kita harus bersama dengan orang yang kenal dengan jalan tersebut, atau karena sekarang jaman sudah maju mungkin kita bisa membawa akomadasi yang mendukung sebagai penunjuk jalan.
jika kita mau berfikir demikian sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah mendapatkan satu buah kemenangan. kemenangan berupa pengalaman, ilmu yang nilainya tentu tidak bisa kita nominalkan.

dan yang perlu kita ingat bahwa mereka juga mempunyai sebuah rencana yang cukup matang sebelum memulai segala sesuatu, dan mereka mempunyai keberanian untuk datang dengan membawa rencana yang telah mereka kemas, mereka mau dan berani melihat hal-hal baru yang mungkin bagi mereka juga cukup menakutkan, rumit dan sulit. maka dari itu jika anda mau datang kemudian melihat percayalah anda sudah mendapatkan kemenangan. yang perlu anda lakukan hanyalah menyederhanakan pola pikir anda terlebih dahulu tentang arti sebuah kemenangan. dangan anda mau melihat sesuatu dari tempat yang anda datangi maka anda tinggal menumbuhkan naluri anda untuk mencoba apa yang pernah anda lihat tadi dan jangan lupa dengan sebuah rencana yang matang tentunya.

orang yang bijak selalu mempunyai dua rencana sebelum melakukan sebuah hal, karena mereka tidak terlalu fokus dengan hasil. mereka lebih mengedepankan bagaimana alur atau proses dalam rencana nya, sehingga selalu ada pilihan kedua ketika sistem yang mereka jalankan menuai hasil yang tidak sama dengan orang lain.


Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Menerapkan Veni Vidi Vici dalam kehidupan Ini ?..

Suka Suka

Tidak Suka

Membosankan

This post was written by...

– has written 104 posts on Ari Warna.

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom

[programer juga manusia]

Contact the author

Silence is gold, but talk about a good thing is a pearl.
lets say something about the article in a comment below, or just to saying hello

Leave a Reply