Menulis artikel atau komentar

Menulis postingan hanya sebagian kecil dari kegiatan blogging. membangun hubungan dengan sesama pengguna internet adalah bagian yang tidak kalah penting dari kegiatan blogging. bentuk dari hubungan tersebut salah satunya adalah seni dalam berkomentar pada blog/website lain.

sebagian blogger tentu malah berpikir bahwa berkomentar merupakan cara bagaimana bisa mendatangkan visitor ke dalam blognya, dan menulis artikel adalah yang nomor kesekian, tidak dapt kita nafikkan (terutama dari saya sendiri), kita membuat blog, menulis artikel menghias blog dengan sedemikian rupa terasa akan sia-sia ketika blog kita tidak pernah ada visitor selain kita sendiri, dan artikel yang kita tulis tidak pernah ada satupun review atau komentar dari pengunjung. maka mereka (dan saya sendiri) kemudian berfikir untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita, langkah pertama kita harus mengenalkan blogĀ  kita kepada para pengguna internet.
bukankah dengan mendaftar di webmaster blog/website kita sudah terdaftar dalam database mesin pencarian?…
iya benar sudah terdaftar dan sudah bisa di lihat oleh pera pengguna internet, tetapi mereka mungkin tidak atau belum kenal blog kita ini.
mari kita ibaratkan begini.
ketika ada kelahiran baru pada sebuah daerah orang tua si bayi kemudian membuatkan akta kelahiran dan kemudian data kelahiran, dari nama bayi, tanggal kelahiran, jenis kelamin dan lain-lain akan di catat mulai dari tingkat administasi paling kecil yaitu Desa terus Kecamatan, kabupaten, propinsi hingga ke dinas kependudukan di tingkat pusat.
data si bayi sudah terdaftar, namun jika bayi tersebut lahir di daerah A apakah di daerah B atau C orang-orang tahu atau kenal dengan bayi tersebut kelak ketika si bayi menjadi dewasa. tentu tidak semua orang di daerah B dan C akan kenal dengan si bayi yang sudah beranjak dewasa ini.

ada ribuan blog atau website yang mempunyai kesamaan keyword dan kesamaan kategory dengan blog kita yang wara wiri dalam dunia cyber, hingga blog yang sudah kita daftarkan pada webmaster tentu tidak akan mesti nangkring pada halaman pertama mesin pencarian webmaster tersebut. lalu kapan para pengguna akan mengenal blog kita kalau kita tidak mengenalkan blog kita kepada setiap individu atau ke dalam sebuah kelompok/golongan/forum yang sifatnya memiliki ruang lingkup lebih kecil dari keseluruhan dunia internet yang seolah tidak terbatas ini.
ngeblogyuk-ariwarna
Dengan berkomentar pada artikel blog/website lain dengan menggunakan nama atau url blog kita, secara tidak langsung kita sudah mengendalkan diri kepada pemilik blog/website. berkomentar dengan santun dan bijak dengan tetap mengacu pada artikel yang ditulis oleh si empunya blog tentu akan menarik penulis artikel untuk setidaknya membalas komentar kita. atau bahkan mereka akan mencoba melihat website atau blog kita. bahkan dalam dunia blogger khususnya etika dalam blogging seolah telah mengharuskan saling membalas komentar dan kunjungan blog.
berkomentar tidak harus panjang, berkomentarlah dengan menggunakan tata bahasa yang menarik dan mudah di pahami. dari komentar anda di blog lain penulis bisa menilai bagaimana anda sendiri menulis artikel, dengan tata bahsa yang menarik pancing pembaca komentar anda untuk datang dan membaca artikel-artikel anda yang anda tulis di blog pribadi anda.
anda boleh mengkritisi artikel penulis dalam berkomentar namun tetaplah gunakan bahasa yang santun, tunjukkan bahwa anda seorang pribadi yang mempunyai kualitas yang tinggi dalam menanggapi masalah, sehingga mereka(para pembaca komen dan penulis artikel yang anda kritisi) akan semakin tertarik dengan anda dan akan semakin senang berhubungan atau mengenal anda.
so….
mari saling berkomentar agar kita lebih saling mengenal dan mari kita bangun sebuah simbiosis mutualisme dalam dunia internet dengan saling mengunjungi dan berkomentar pada blog kesanyangan.

happy blogging.


Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Menulis artikel atau komentar Ini ?..

Suka Suka

Tidak Suka

Membosankan

This post was written by...

– has written 104 posts on Ari Warna.

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom

[programer juga manusia]

Contact the author

Silence is gold, but talk about a good thing is a pearl.
lets say something about the article in a comment below, or just to saying hello

One Response to “Menulis artikel atau komentar”

  1. Edit Potho Dengan Pothoshop effect unyu-unyu - Ari Warna

    […] pada blog ini akan di Posting artikel tentang tutorialĀ  HTML, CSS, PHP, atau JAVASCRIPT, atau info-info seputar dunia IT, dan juga artikel-artikel yang nggak penting banget. kali ini admin akan menyajikan tutorial Edit […]

    Reply

Leave a Reply