September 19, 2018

Tentang Hari Valentine

Awal Mula Tentang Hari Valentine.

seperti kita tahu setiap bulan Februari tepatnya tanggal 14 sebagian dari kelompok golongan masyarakat merayakan sebuah hari yang bagi mereka merupakan hari istimewa di antara hari-hari yang lain, yaitu hari Valentine atau dalam bahasa kita biasa di sebut hari kasih sayang… sebagian dari kita banyak yang menyalah artikan pemaknaan dari hari kasih sayang ini.pada hakekatnya di tempat asal istilah ini hadir hari kasih sayang ini bersifat begitu universal tidak seperti apa yang sering terliihat di sekeliling kita bahwa hari valentine atau kasih sayang ini selalu indentik dengan bagaimana kita merayakan moment ini dengan pasangan(baca : pacar, kekasih, suami/istri). terus juga banyak kita jumpai di media sosial status status memelas dari para jomblowan dan jomblowati tentang keterpurukan mereka pada hari valentine karena tidak bisa merayakan nya dengan pasangan mereka yang masih tersimpan dalam catatan Takdir Tuhan Yang Maha Esa :D.

hari kasih sayang atau valentine ini di negeri asalnya dirayakan oleh hampir semua orang yang hidup dalam sebuah daerah tersebut. karena mereka memaknai tentang hari kasih sayang ini sebagai hari di mana mereka berusaha menunjukkan kasih sayang mereka kepada semua orang di sekitarnya, mulai dari pasangan mereka masing-masing, keluarga, sahabat, teman dan kolega mereka. yah begitulah kira-kira mereka menyikapinya seperti apa yang pernah saya baca.
jadi jika anda saat ini masih Jomblo dan masih mengeluh tentang hari valentine beranrti anda kurang banyak membaca 😛 .

namun tahukan anda bagaimana cerita hari valentine ini bermula. nah mari kita simah kutipan dibawah ini.
sejarah tentang hari valentine bermula di kota Roma italia adalah cerita tentang dua peradapan kala itu yaitu tentang umat kristen dan sejarah romawi kuno. bagaimana hal ini bisa terjadi?….
ada cerita bahwa Gereja Katolik mengakui setidaknya tiga orang kudus yang berbeda bernama Valentine atau Valentinus, semuanya mati dengan terhormat. Salah satu legenda berpendapat bahwa Valentine adalah seorang imam yang bertugas pada abad ketiga di Roma. Ketika Kaisar Claudius II berpendapat bahwa tentara yang masih lajang lebih baik dari segi kekuatan didalam peperangan di banding para tentara yang sudah berkeluarga/ berisitri, maka pada masa itu kaisar  melarang pernikahan bagi kaum laki-laki muda. Valentine, menyadari tentang ketidakadilan keputusan tersebut, valentine menentang perintah Claudius dan terus memperbolehkan para kaum lekaki muda untuk menikah dengan orang yang di cintainya, pernikahan-pernikah ini dilakukan secara rahasia agar tidak di ketahui oleh kaisar. namun berita tentang Valentine ini pun akhirnya sampai kepada kaisar, hingga kemudia Claudius memerintahkan untuk menangkap Valentine dan menjatuhi dihukum mati padanya.

Namun ada Cerita lain Mengatakan bahwa Valentine mungkin telah dibunuh karena berupaya untuk membantu orang-orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang keras, di mana mereka sering dipukuli dan disiksa.
ada juga cerita berkembang tentang sejarah adanya hari valentine yang di rayakan setiap tanggal 14 Februari adalah cara umat kristen kala itu untuk mengganti perayaan pagan celebration of Lupercalia. dimana perayaan pagan celebration of Lupercalia adalah Tradisi yang di ciptakan oleh bangsa romawi untuk yaitu sebuah perayaan yang di dedikasikan untuk Faunus  yaitu Dewa pertanian umat romawi dan juga perayyan itu di tujukan untuk mengenang 2 pendiri romawi yaitu Romulus dan Remus.

dari beberapa cerita yang berkembang hingga saat ini sejarah bagaimana Tanggal 14 Februari di rayakan sebagai hari Valentine masih menjadi teka-teki.

Ucapan Selamat Hari Valentine
Ucapan Selamat Hari Valentine

Menyikapi Tentang Adanya Hari Valentine

lalu bagaimana kita menyikapi tentang adanya hari valentine?… kenapa saya bertanya demikian karena ada sebagian kelompok yang melarang keras untuk turut serta merayakan hari valentine ini. disini saya tidak akan mendoktrin atau memberi pengaruh kepada pembaca bagaimana menyikapi tentang adanya hari Valentine ini. saya hanya akan bercerita tentang bagaimana saya terhadap hari valentine dan beberapa alasan yang akan saya kemukakan. saya sendiri adalah seorang Muslim yang masih belajar untuk menjadi benar-benar muslim baik lahir dan bathin saya, maka sekali lagi tidak ada alasan bagi anda untuk mengikuti apa yang akan saya tulis di sini tentang sikap saya terhadap hari Valentine.
sejak dulu saya tidak pernah  merencanakan membuat sesuatu yang khusus untuk saya lakukan di tanggal 14 februari sehubungan dengan hari Valentine. Iya bisa di bilang saya tidak ikut merayakannya. namun demikian pernah suatu saat saya menerima ucapan selamat hari valentine dari teman saya, maka saat itu saya membalas ucacpan nya selamat hari Valentine juga untukmu. mungkin disini secara bahasa saya ikut merayakannya, jika benar iya saya juga tidak akan memungkirinya dan memberi sanggahan saya anti hari valentine.
menurut saya jika dilihat dari peng-artian hari valentine adalah hari kasih sayang, maka tidak ada salahnya kita ikut terlibat dalam perayaan hari tersebut, sekedar ikut terlibat dan menjadi satu dari ribuan orang yang saling mengucapkan tentang kasih sayang mereka kepada orang-orang terdekat dan juga menunjukkan kasih sayang tersebut kepada mereka, tanpa melihat sejarah bagaimana perayaan pada hari tersebut tercipta.
karena bagi saya dimana agama yang saya yakini juga mengajarkan tentang kasih sayang yang harus kita berikan kepada semua orang terutama orang-orang yang ada disekitar kita. bahkan hal tersebut tidak disertai dengan keterangan waktu kapan harus dilakukan. Ajaran yang saya anut mengajarkan untuk memberikan kasih sayang kita kepada orang-orang terksih kita setiap saat-setiap waktu tidak hanya pada tanggal 14 Februari saja.

kembali lagi melihat tentang hari valentine yang mempunyai arti atau makna kasih sayang dengan ngotot untuk tidak ikut merayakan apakah pada hari itu saya harus tidak berkasih sayang kepada sesama seperti ajaran yang saya anut?..

 

About The Author

seorang programer sudah barang tentu tahu dan jago tentang code php, css, html, javascript dan temen-temennya, namun tidak semua programer tahu dan handal tentang kode yang di berikan oleh makluk yang paling misterius yaitu WANITA. di sini ada sisi lain tentang curahan hati canda dan tangis programer autis. ariwarnadotcom [programer juga manusia]

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *